Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

Gita Adinda Nasution, Mahasiswa USU Yang Berhasil Temukan Obat Diabetes

Gita Adinda Nasution, berhasil menemukan obat diabetes tradisional, berkat kegigihannya mengobati penyakit yang diderita sang ayah.

Ilustrasi Diabeter
Ilustrasi Diabeter
Portal Goodispost - Gita Adinda Nasution, mahasiswi Semester III Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil menemukan obat diabetes Kolagit, berkat kegigihannya untuk mengobati penyakit yang diderita ayah sejak dirinya duduk di kelas 6 sekolah dasar.

"Ketika saya masih duduk dibangku kelas enam Sekolah Dasar (SD), ayah kena diabetes, badan ayah yang sebelumnya gemuk kelamaan menjadi menyusut, kadar gula darahnya mencapai 450. Saat itu pandangan ayah sudah kabur dan susah jalan," katanya saat ditemui di kawasan USU, Jumat (6/12).

Penawar ini tanpa bahan kimia, merupakan pengembangan obat tradisional. Kolagit, serbuk cokelat tua, berasal dari tebu yang diolah menjadi perangsang tubuh memproduksi hormon insulin. Satu kotak Kalogit berisi 800 gram diberi harga Rp150 ribu.

"Melihat kondisi ayah, aku bulatkan tekat, ingin buat obat yang tidak ada larangannya. Artinya ayah dapat makan enak sesuai selera. Setiap hari aku ke perpustakaan untuk belajar kesehatan, umumnya belajar buku kesehatan ala Hembing. Lalu eksperimen sederhana di rumah, tanpa bantuan orang lain." Mulanya Gita sempat putus asa lantaran lima belas kali gagal.

"Waktu masih kelas tiga SMP, saya sudah pasrah dan capek. Hanya berserah diri pada Allah. Tiba-tiba saya menemukan ide, yang sebenarnya konyol, ibaratnya ini 'kalau gagal masuk jurang'. Saya berpikir penyakit polio dapat diobati melalui vaksin polio, orang digigit ular dapat sembuh dari racun ular juga. Jadi tidak ada salah mencoba membuat riset dari gula."

Gita menjelaskan pada senyawa gula pasti ada senyawa yang dapat mengatasi sakit diabetes, hanya saja harus menemukan bahan campuran yang dapat memperbaiki senyawa itu. Setelah cukup lama mengutak-atik penelitian pada kelas tiga SMP, Gita menemukan Kolagit dari gula tebu.

"Saya coba untuk diri sendiri. Setelah beberapa kali mencoba rasanya enak seperti kopi, karena obatnya dalam bentuk serbuk cokelat, persis seperti kopi. Saat kenaikan ke kelas tiga SMA, obatnya baru dipublikasi dan di uji secara preklinis dan klinis di lab Farmasi USU."

Hasil uji coba laboratorium bagus. Enam ekor tikus pengidap penyakit gula sembuh setelah diberikan Kolagit. Bahkan Kolagit lebih ampuh dari obat diabetes hasil kimia, Dibin Klamit.

Inovasi Gita tersebut telah ditetapkan sebagai pemenang pertama dalam pameran Teknologi Tepat Guna 2013 yang diselenggarakan unit pembinaan pengembangan kegiatan mahasiswa (UP2KM), Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU, di awal Desember 2013 lalu.

Anak ketiga dari pasangan Bisman Nasution dan Lismawarti ini mengungkapkan Kolagit dikonsumsi setelah makan. Beda dengan obat diabetes lain yang dikonsumsi sebelum makan.

Gita menjelaskan tak semua penderita diabetes yang kekurangan hormon insulin. Ada yang memiliki hormon insulin, tapi rangsanganya kurang.

"Kerja obatnya pada bagian darah untuk mengaktifkan hormon insulin. Awalnya saya bingung karena tidak ada jurnal internasional yang mendukung asumsi pribadi saya.''

Setelah ayahnya rutin mengonsumsi Kolagit selama 4,5 tahun, Bisman sembuh. Beberapa orang yang mengonsumsi Kolagit, baik di Sumut, Jakarta, hingga Arab Saudi, juga merasakan kesembuhan.

Kolagit diklaim menetralisir (menurunkan) kadar gula darah, memperbaiki atau memperjelas penglihatan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengencangkan kulit, melancarkan pencernaan, serta sebagai asupan energi.

Untuk bisa mendapatkan Kolagit, pembeli harus memesan dahulu. Namun Gita belum berhasil dalam upaya mematenkan temuannya.

(Jefri Susetio, Sumber: Tribun Medan)
 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info