Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

Di negara ini angka obesitas bertumbuh dengan cepat

Ilustrasi obesitas. Shutterstock/Byjeng
Ilustrasi obesitas. Shutterstock/Byjeng
Portal Goodispost - Sebuah laporan seperti dilansir dari cbsnews.com menyebutkan bahwa hampir satu miliar orang yang hidup di negara berkembang diklasifikasikan dalam kategori kelebihan berat badan atau obesitas.

Menurut laporan Future Diet oleh Overseas Development Institute di Inggris menyebutkan bahwa angka ini menyalip angka obesitas yang saat ini kebanyakan terjadi di negara maju.

Dua negara dengan tingkat obesitas yang sangat tinggi adalah Cina dan Meksiko dimana jumlah orang yang mengalami kelebihan berat badan naik dua kali lipat sejak tahun 1980. Sementara di Afrika Selatan, angka obesitas telah meningkat melebihi angka obesitas di Inggris.

"Fenomena ini terjadi terkait dengan pendapatan, urbanisasi, dan gaya hidup yang dialami oleh penduduk di negara berkembang. Naiknya tingkat hidup ini turut mempengaruhi pola makan dan pola hidup mereka. Para penduduk negara berkembang cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori namun rendah vitamin," jelas Steve Wiggins, penulis dalam penelitian ini.

Laporan ini juga memperingatkan bahwa pemerintah masih belum siap dalam mengantisipasi terjadinya fenomena ini. Pemerintah masih belum menerapkan beberapa kebijakan yang terkait dengan kualitas pangan para penduduknya.

Lebih lanjut, laporan ini juga memprediksi bahwa angka obesitas ini akan cenderung naik dan juga mengancam kesehatan para penduduk negara berkembang. Dipastikan dengan seiring tingginya warga yang menderita obesitas, maka tingkat penderita kanker jenis tertentu, diabetes, stroke, dan serangan jantung juga akan terus meningkat.
 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info