Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

RI-Belanda Sepakat Proyek Pembuatan Lima Pulau

Peta selat sunda Google
Peta selat sunda Google
Portal Goodispost - JAKARTA Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Belanda menyepakati perjanjian kerja sama proyek pembuatan lima pulau (daratan) baru di sekitar pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya yang nantinya akan dibangun kawasan industri. 

"Proyek pembuatan pulau baru ini senilai 20 juta euro," kata Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Danang Waskito dalam pernyataan yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (12/12). 

Dia mengatakan kerja sama tersebut disepakati Antara PT Pelindo III dan perusahaan konstruksi Belanda, Van Oord. 

Kesepakatan tersebut ditanda tangani pada saat kunjungan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada tanggal 19 sampai 22 November 2013 lalu, yang didampingi Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan, Lilianne Ploumen serta Menteri Pertanian, Sharon Djiksma. 

"Kerja sama ekonomi Indonesia dan Belanda cukup kuat terutama di bidang pengelolaan air, ilmu pengetahuan dan kesehatan, pertanian dan pangan, hortikultura serta logistik," jelas Danang. 

Selain proyek yang akan dikerjakan di Surabaya tersebut, ke dua negara ini juga menyepakati kerja sama pembuatan rencana induk pembangunan "National Capital Integrated Coastal Development" atau wilayah pesisir terintegrasi ibu kota nasional. 

"Proyek ini bertujuan untuk menangani banjir dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Jakarta," kata Danang seraya menambahkan bahwa rencana induk itu disusun oleh para ahli Indonesia dan Belanda. 

Beberapa kesepakatan yang ditanda tangani pemerintah Indonesia dan Belanda pada kesempatan kunjungan perdana menteri tersebut adalah Deklarasi Bersama Tentang Kemitraan Komprehensif antara ke dua negara. 

Selain itu Kerja Sama Segitiga yang ditanda tangani Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerja sama Pembangunan Belanda dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. 

Adapun di bidang perikanan dan "aquaculture" atau budi daya air, nota kesepahaman ditanda tangani oleh Menteri Perikanan Budi daya Belanda dan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 

"Dari kunjungan tersebut, terlihat adanya babak baru hubungan yang menekankan visi jangka panjang, di mana Indonesia dan Belanda akan bergerak maju bersama-sama mengisi berbagai peluang kerja sama di bidang ekonomi, politik dan budaya," ujar Danang.
 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info