Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

5 Tokoh Indonesia Yang Dijadikan Nama Jalan Di Belanda


Untuk mengenang para tokoh pahlawan, bisa dibuatkan monumen atau nama jalan atas nama tokoh pahlawan tersebut. Ternyata tidak hanya di Indonesia saja para tokoh pahlawan Indonesia dikenang. Di Belanda, berbagai nama tokoh pahlawan dijadikan nama jalan di berbagai pelosok. Berikut ini adalah nama 5 tokoh Indonesia yang diabadikan menjadi nama jalan di Belanda.

1. Sjahrirstraat

Sutan Syahrir adalah seorang politikus dan perdana menteri pertama Indonesia. Ia pernah menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam dan kemudian pindah ke Leiden School of Indology. Dengan pergaulan Syahrir di kalangan cendikiawan dan aktivis politik Leiden, nama Syahrir mencuat sehingga diabadikan menjadi nama jalan di kota Leiden, tempat di mana Ia menimba ilmu di Belanda.

2. Munirstraat

Munir Said Thalib, yang dikenal dengan nama Munir, merupakan pria keturunan Arab yang merupakan aktivis HAM Indonesia. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial.




3. Mohammad Hattastraat

Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia pertama. Selain di kenang di Indonesia, nama Mohammad Hatta juga diabadikan di sebuah jalan kawasan Haarlem. Nama Mohammed Hattastraat terpapmpang di kawasan perumahan Zuiderpolder sejak 1987.

Pemberian nama ini ditetapkan oleh pejabat Walikota R.H Claudius dengan alasan bahwa Hatta merupakan tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang pernah menimba ilmu di Belanda serta merupakan aktivis Indonesia.

4. Irawan Soejonostraat

Irawan Soejono adalah seorang mahasiswa Indonesia yang diakui oleh Belanda sebagai pahlawan negara tersebut karena perjuangannya melawan Jerman Nazi di bawah Hitler. Untuk mengenang jasanya, namanya diabadikan di sebuah jalan di kota Amsterdam. 

Pada masa Perang Dunia II, Irwan Soejono adalah anggota Perhimpunan Indonesia di Belanda. Ayahnya adalah Adipati Ario Soejono, orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai menteri dalam Kabinet Belanda.

5. R.A Kartinistraat

Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini dikenal sebagai pejuang hak perempuan baik di Indonesia maupun di negeri Belanda. Masyarakat di Belanda mengenal Kartini sebagai wanita pejuang hak perempuran yang berasal dari Indonesia. Tidak heran memang jika namanya dapat ditemukan di kota Utrecht, serta kota Venlo, Amsterdam dan Haarlem.

Banyak nama-nama Toko Indonesia yang diabadikan di Luar Negri, diantar toko-toko tersebut adalah 5 Tokoh Indonesia Yang Dijadikan Nama Jalan Di Belanda ini. sebelumnya admin Portal Goodispost juga membahas Bintaro Jaya Perumahan terdepan di selatan jakarta yang menggunakan nama tokoh. ada juga nama bapak Proklamator indonesia. seperti Ir Soekarna dan Bung Hatta. semoga indonesia sendiri bisa lebih mengenang para Toko-Tokoh berpengaruh di indonesia.

Sumber Foto unik.ws
 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info