Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

Astronom Klaim Temukan Planet Alien

(Foto: Space)
(Foto: Space)
Portal Goodispost - Astronom mengklaim menemukan tanda-tanda exoplanet (planet alien). Exoplanet merupakan planet asing di luar tata surya.

Dilansir Space, Kamis (19/12/2013), astronom mengklaim temuan sistem bintang dengan kode WISE J104915.57-531906. Temuan bintang baru ini merupakan sistem bintang yang paling dekat dengan matahari.

Ilmuwan sebelumnya menemukan bintang gagal 'brown dwarfs' pada tahun lalu. Kabarnya, bintang ini berjarak 6,6 tahun cahaya dari Bumi.

Sistem 'brown dwarf' ini juga dijuluki Luhman 16AB dan secara resmi diklasifikasi sebagai WISE J104915.57-531906. Sistem bintang ini lebih jauh ketimbang bintang Barnard yang pernah ditemukan pada 1916.

Sistem bintang ini ditemukan melalui data dari pesawat luar angkasa NASA's Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE). WISE telah menangkap hingga 1,8 juta foto asteroid, bintang dan galaksi selama misi 13 bulan.

Brown dwarfs biasa disebut bintang gagal, karena bintang ini lebih besar ketimbang planet, tetapi tidak memiliki massa yang cukup untuk proses fusi nuklir dalam inti bintang tersebut. Sistem bintang ini diduga memiliki planet alien yang tersembunyi.

Tim peneliti menemukan bahwa kedua 'brown dwarfs' ini memiliki massa 30 sampai 50 kali lipat lebih besar ketimbang massa Jupiter. Oleh karena massa yang sangat rendah, bintang ini kabarnya memerlukan waktu selama 20 tahun untuk menyelesaikan satu orbit penuh.
 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info