Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

El Museo De Las Momias, Museum Mumi Paling Terkenal Di Dunia


Portal Goodispost - Museum menyimpan banyak informasi yang dibutuhkan untuk menambah ilmu pengetahuan. Namun apa jadinya kalau benda-benda yang dipamerkan di museum justru membuat pengunjung merasa takut dan ngeri. Salah satunya adalah El Museo de las Momias atau Museum Mumi.


El Museo de las Momias
El Museo de las Momias
El Museo de las Momias terletak di Guanajuato, Meksiko. Koleksi museum ini berasal dari kumpulan mumi Guanajuato yang telah tersohor di dunia. Mumi-mumi ini ditemukan di pemakaman Guanajuato, sebuah kota di barat laut Mexico City (dekat Leon). Antara tahun 1865 sampai 1958, pemerintah setempat menetapkan peraturan tentang pajak pekuburan pada masyarakat.


El Museo de las Momias
El Museo de las Momias

Berdasarkan peraturan itu, bagi siapapun yang tidak bisa membayar pajak ini selama tiga tahun, jenazah kerabatnya akan digali dari kuburan dan ditempatkan di El Museo de las Momias. Beruntung pada tahun 1958, hukum ini diubah. Meskipun tidak ada mayat baru yang diambil dari pekuburan, museum ini tetap memajang koleksi mumi asli. Dibuka pada tahun 1894, koleksi pertama El Museo de las Momias adalah mayat Dr Remigio Leroy yang ditemukan pada 9 Juni 1865.

Sebagaimana dilansir mummytombs.com, kombinasi dari kondisi tanah dan iklim yang kering di daerah pegunungan menyebabkan mayat-mayat di pemakaman lokal di Guanajuato mengering secara alami sebelum diurai. Sayangnya, tidak ada angka pasti yang menunjukkan berapa jumlah mumi yang telah digali dari pemakaman Guanajuato.

Namun, tercatat ada 119 mumi yang dipajang di El Museo de las Momias. Beberapa mumi yang ditempatkan di museum ada yang berpakaian dan ada pula yang tidak. Di sini, pengunjung juga bisa menemukan sosok mumi bayi yang disebut La momia mas pequeno del mundo atau mumi terkecil di dunia.

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info