Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

Bukit Pasir Tottori, Gurun Pasir Mini Di Jepang

Bukit Pasir Tottori
Siapa yang menyangka bahwa terdapat sebuah gurun pasir di Jepang. Objek wisata ini sebetulnya adalah sebuah bukit pasir raksasa yang tampak seperti gurun.

Bukit Pasir Tottori terletak di dekat Kota Tottori di Honshu, Jepang. Bukit pasir yang membentang di sepanjang pantai timur Tottori ini berjarak sekitar 2 kilometer dari bibir pantai. Tersebar di area seluas 30 kilometer persegi, bukit pasir ini kerap dijuluki gurun mininya Jepang.

Bukit Pasir Tottori tercipta karena adanya endapan sedimen yang dibawa dari Pegunungan Chugoku oleh Sungai Sendai ke Laut Jepang. Arus laut dan angin membantu membawa pasir-pasir itu dari bawah naik ke pantai, di mana angin kemudian membentuk bukit pasir tersebut.

Bukit Pasir Tottori


Bukit pasir tertinggi mencapai sekitar 90 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan mencapai 40 derajat. Secara teknis, bukit pasir ini memiliki sifat seperti gurun karena suhu pasir dapat naik dengan mudah mencapai di atas 50 derajat Celcius pada musim panas yang terik. Sejumlah spesies tanaman dan hewan juga berkembang di area bukit-bukit pasir. Bukit pasir Tottori telah ada selama lebih dari 100.000 tahun, tetapi bukit ini terus menurun karena adanya program reboisasi setelah Perang Dunia II.

Bukit Pasir Tottori


Selain itu, penghalang beton yang didirikan untuk melindungi pantai dari ancaman tsunami telah mengganggu arus yang membawa pasir ke pantai. Bukit Pasir Tottori telah menarik sekitar dua juta pengunjung setiap tahunnya, sebagian besar berasal dari Jepang dan Asia Timur.
 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info