Portal Goodispost

Portal Goodispost Berbagi Artikel Tanpa Batas

Yuk Lestarikan Jamu Sebagai Budaya Asli Indonesia

Sebagai negara yang kaya akan alam, budaya, dan lain sebagainya, kita patut bersyukur pada sang Pencipta karena di karuniakan banyak hal. tidak seperti negara-negara eropa yang kekuarangan rempah-rempah, di indonesia, rempah-rempah seperti halnya pasir yang tiada habisnya. oleh karena itulah, para orang-orang eropa zaman dahulu datang ke indonesia untuk mencari rempah-rempah dan harta alam yang berlimpa ruah.

Yuk Lestarikan Jamu Sebagai Budaya Asli Indonesia

Memiliki budaya, hasil alam dan SDA lainya yang ada di perut bumi indonesia memang menjadi daya tarik kuat bagi negara-negara luar untuk datang keindonesia. oleh karena itu, di perlukan tindakan yang nyata dalam menjaga, melesatarikan budaya-budaya indonesia yang ada.


Sebut saja Jamu, Jamu merupakah salah satu dari begitu banyak harta budaya alam indonesia yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Pelestarian Jamu sebagai budaya indonesia sangatlah di perlukan. bukan hanya sebagai miniman tradisional bangsa, melainkan menjadi obat untuk para ibu bangsa yang baru melahirkan.

Beberapa bulan yang lalu, istri saya baru melahirkan seorang gadis kecil nan jelita. seperti halnya para orang tua lainnya, orang tua saya pun menyarankan untuk memberikan jamu kepada istri saya yang baru melahirkan.

Hal ini dipercaya menambah stamina seorang ibu yang baru melahirkan. tak pikir panjang, saya langsung memesan jamu untuk istri saya. agar staminanya yang hilang sewaktu melahirkan kembali puli seperti biasa. beberapa hari meminum jamu, di hari ke 3 dampak negatif dari jamu tersebut pun sudah mulai terlihat.

Namun yang membuat saya pusing adalah, di hari ke 4 istri saya tidak lagi mau meminum jamu di karenakan pahit dan bau khas jamu tersebut. padahal orang tua menyarankan di minum selama 1 bulan. saya pun kembali memutar otak agar jamu tersebut bisa diminum oleh istri saya.
Akhirnya saya membelikan Madu untuk minuman pendamping jamu tersebut. hal ini digunakan agar menghilangkan bau khas dari jamu tersebut.

Akhirnya, sang istri pun kembali mau meminum jamu tersebut. ini dikarenakan campuran jamu dan madu yang saya berikan kepada sang istri saya. dan beberapa minggu kemudian, istri saya kembali cerah sudah bisa jalan sana dan jalan sini.



Melestarikan Budaya Indonesia sejak dini kepada anak-anak kita sangatlah di perlukan. Banyak Jenis-jenis jamu yang ada di indonesia. dan yang menarik, setiap jamu di percaya berbeda manfaat. sebagai referensi, berikut 6 Jamu yang ada di indonesia.


1. Kunyit Asam
Apakah Anda punya masalah dengan haid? Coba deh ramuan herbal alami kunyit asam. Rasanya segar dan mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti panas dalam. Selain itu juga berfungsi untuk menurunkan berat badan lho.

2. Jamu Gepyokan
Jamu yang satu ini biasanya disarankan para calon mertua pada menantu wanitanya. Hal ini karena manfaat jamu gepyokan yang mampu menjaga kuantitas air susu ibu. Bahan alami di dalamnya biasanya dibuat dari kencur, jahe, daun katu, dan sebagainya. Alami dan baik bagi kesehatan.

3. Jamu Cabe Lempuyang
Bila Anda mengalami pegal linu di daerah pinggang, boleh juga mencoba jamu cabe lempuyang ini. Terbuat dari cabe jamu dan rimpang lempuyang, jamu pegal linu itu bisa mengatasi masalah kesemutan dan capek-capek di badan.

Jamu adalah salah satu minuman warisan nenek moyang asli Indonesia. Jagalah budaya kita agar tetap bertahan dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

4. Beras Kencur
Jenis jamu yang satu ini adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Biasanya sih, orang-orang meminumkan beras kencur pada anak mereka agar lebih nafsu makan,. Komposisi alaminya terbuat dari beras, kencur, jahe dan gula merah. Bahan-bahan lain adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo dan lain-lain. Khasiatnya selain menambah nafsu makan juga untuk membuat tubuh lebih bugar dan meredakan pegal-pegal.

5. Paitan
Banyak yang tidak suka dengan jenis jamu ini. Padahal jamu ini justru baik untuk kesehatan. Kandungan alaminya berupa sambiloto dan brotowali. Meski pahit, bila Anda mau meminumnya secara rutin, maka jamu ini bisa memerangi berbagai penyakit seperti kolesterol. Selain itu khasiat pahitnya bisa membersihkan darah dan menghilangkan jerawat.

6. Kunci Sirih 
Bagi wanita, jamu yang satu ini mungkin sudah sangat akrab. Jamu yang mampu mengatasi bau badan dan mengencangkan perut ini biasanya dibuat dari daun kunci dan daun sirih. Biasanya juga ditambahkan kencur dan sebagainya. Tentu saja jamu ini juga punya manfaat baik bagi kesehatan organ intim Anda.

Mendengar kata jamu, seseorang sudah pasti tertuju dengan bau khasnya. Bukan hanya sebagai obat ibu melahirkan, jamu juga banyak di konsumsi oran-orang secara rutin. hal ini juga di percaya bisa menambah stamina seseorang.

Melestarikan dan menambah minat seseorang untuk meminum jamu perlu ide yang matang. dalam produksi jamu berskala besar yang ada dalam negri. menambah rasa pada jamu itu sendiri agar seseorang semakin suka dengan jamu. Contohnya menambah rasa madu pada jamu itu sendiri seperti yang saya lakukan di atas.

Memperkenalan Jamu Sebagai Budaya Indonesia lewat media online juga sangat di perlukan. partisipasi dari berbagai kalangan seperti blogger, portal berita, forum besar di indonesia dll. hal ini bisa memperkenalkan Jamu ke seluruh dunia lewat media online. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. terima kasih.

Daftar Pustaka:

http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection
http://biofarmaka.ipb.ac.id/publication/journal
http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-news/brc-info/501-info-jamu-as-world-cultural-heritage-2013



 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info